Olahraga Peninggi Badan Terbaik

Sewaktu saya masih usia 12 tahun kelas 1 SMP tinggi badan saya paling 165 cm, dan sekarang sudah kuliah tinggi badan saya 181 cm. Padahal notabenenya kedua orang tua saya tingginya biasa saja (paling 165 cm). Menurut saya kunci sukses saya selama ini ada di gizi, tidur malam yang cukup, dan juga olahraga yang sering saya lakukan.

Saya akan menshare beberapa jenis olahraga/latihan terbaik untuk meninggikan badan. Jenis latihan yang rutin saya lakukan ada 2; kelompok pertama adalah stretching/peregangan lalu kedua yang tipe high intensity training; seperti push up, sprint, pull up dan squat. Sebagai tambahan anda juga bisa melakukan olahraga fun seperti renang, main basket, voli, dan badminton untuk menambah variasi dalam program peninggi badan anda. Tapi list yang dibawah ini adalah yang utama:

1. Gerakan Kicking dengan Ankle Weights

Ini merupakan “senjata rahasia” saya untuk meninggikan badan. Dari semua latihan yang ada gerakan kicking dengan beban dikaki inilah yang paling efektif.

Kalau anda melihat atlet kickboxing rata-rata badan mereka tinggi karena sering melakukan gerakan tendangan ini ratusan kali tiap harinya.

Latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan panjang tubuh bagian bawah, dengan meregangkan cartilage/tulang rawan diantara lutut Anda. Gerakan menendang secara rutin di daerah tersebut akan memanjangkan dan meningkatkan massa tulang rawan tersebut, yang pada akhirnya akan meningkatkan panjang tubuh bagian bawah anda

Cara detil melakukannya bisa anda lihat di halaman 19 program meninggikan badan ini. Ini adalah gerakan yang WAJIB anda lakukan, kalau anda serius mau meninggikan badan.

2. Vertical Hanging

Ini biasanya saya lakukan tiap pagi setelah bangun sekitar 10-15 menit. Gerakan ini sederhana tapi sangat efektif, dan bisa anda lakukan dirumah. Yang diperlukan cuma tempat bergantung, atau bar yang tingginya sekitar 2 meter.

Tujuan latihan ini gunanya untuk meregangkan ruas tulang belakang sehingga bisa membuat tinggi anda bertambah, dan juga postur tubuh anda lebih tegak.

Menggantung dengan lengan selebar ukuran bahu. Tahan selama sekitar 1 menit, dan saat sudah merasa mulai lelah, perlahan berayun bolak-balik dan mencoba untuk menyentuh tanah dengan kaki Anda.

Latihan menggantung ini akan melenturkan dan memanjangkan tulang punggung anda, dan akan menambahkan beberapa inci untuk tinggi badan anda.

 

3. Cobra Stretch

Masih dalam latihan kategori peregangan. Cobra stretch mirip seperti latihan Yoga. Gerakannya dimaksudkan untuk meregangkan tulang belakang anda dan membuatnya jauh lebih lentur dan fleksibel, sehingga tulang rawan antara tulang belakang anda tumbuh dan meningkatkan tinggi anda. Biasanya ini saya lakukan saat mau tidur malam, sekitar 10-15 menit 3-4x seminggu.

4. Push Up

Olahraga ini masuk dalam kategori High Intensity Training, dan sangat bagus untuk meninggikan badan karena bisa menstimulasi growth hormone (GH) alias hormon pertumbuhan manusia. Growth Hormone akan dikeluarkan pada level tertinggi saat tidur malam, dan juga saat kita melakukan olahraga berintensitas tinggi seperti push up ini.

Di pagi hari biasanya saya lakukan push up 10-15 kali, 3 set, 3x setiap minggunya. Lalu habis itu mandi dan sarapan. Alasan lain saya suka push up karena olahraga ini simpel, bisa dilakukan di rumah, dan juga otot dada dan tricep kita bisa lebih berbentuk, dan yang utama hormon pertumbuhan kita akan di produksi dalam level tertinggi yang bisa membantu kita meninggikan badan.

 

5. Pull Up

Sama seperti olahraga push up diatas, pull up termasuk dalam kategori High intensity exercise yang fungsinya menstimulasi pengeluaran hormon pertumbuhan manusia dalam jumlah yang maksimal.

Pull up terlihat simpel, tapi ini sering dikatakan sebagai “the king of upper body exercise”. Karena memang pull up agak sulit, membutuhkan kekuatan otot yang besar, dan kadar lemak tubuh yang rendah agar bisa mengekeskusinya dengan benar. Jarang orang yang bisa pull up dengan teknik yang benar, kebanyakan mirip cacing kepanasan. hehe..

Pull up memang sangat bagus untuk membentuk otot bicep, tricep, dan sayap belakang. Selain itu pengeluaran growth hormone yang tinggi menjadi alasan kenapa saya suka pull up untuk menambah tinggi badan.

Biasanya saya lakukan 5-7x pull up tiap pagi, 3 set, 2x seminggu.

Kesimpulan:

Olahraga bertujuan untuk menstimulasi pertumbuhan, akan tetapi stimulasi saja tidak cukup untuk meninggikan badan. Diperlukan juga faktor recovery/pemulihan.

Dari mana mendapatkan pemulihan?

Gizi dari makanan dan istirahat (tidur malam).

Lakukan gerakan peregangan dan latihan intensitas diatas secara teratur, lalu kombinasikan dengan gizi yang cukup, seimbang dan juga tidur malam yang cukup (8-10 jam). Maka anda akan mendapatkan hasil tinggi badan yang optimal.